Visi Politeknik Muhammadiyah Makassar (Poltekmu Makassar) adalah:

“Perguruan Tinggi Vokasi yang Unggul Berbasis Islam Berkemajuan Tahun 2043”

1.  Unggul

Keunggulan Poltekmu Makassar akan dibangun melalui kegiatan-kegiatan akademik yang bersifat substansial yang dapat dikompetisikan baik dalam ranah nasional maupun internasional di lingkungan persyarikatan muhammadiyah. Keunggulan yang dikembangkan mengarah pada bidang pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, dan Al-Islam Kemuhammadiyahan. Secara spesifik, keunggulan Poltekmu Makassar meliputi inovatif, professional, dan kompetitif.

  • Inovatif

berupa kemampuan mengimplementasikan niai-nilai Islam  ke  dalam  seluruh  bidang  ilmu  pengetahuan,  teknologi,  seni,  dan budaya sehingga mempunyai nilai kompetitif tinggi. melahirkan aneka inovasi bagi kemajuan dunia usaha dan industri (DUDI)

  • Profesional

Lulusan mempunyai kompetensi sesuai dengan profesinya masing-masing baik dalam aspek pengetahuan, sikap maupun keterampilan dengan indikator lulus dalam uji kompetensi nasional.

  • Kompetitif

Kemampuan institusi untuk bersaing dengan perguruan tinggi lainnya baik skala nasional regional,  maupun internasional di bidang pendidikan dan pengajaran, penelitian, pengabdian kepada masyarakat serta kompetensi lulusan.

2. Berbasis Islam Berkemajuan

Politeknik Muhammadiyah Makassar, merupakan amal usaha dibidang Pendidikan dibawah persyarikatan Muhammadiyah dengan mengedepankan Islam berkemajuan pada pengeloalaan pendidikan. Islam Berkemajuan menyebarluaskan ilmu dan mendorong seluruh umat manusia untuk menguasai dan menggunakan ilmu untuk mewujudkan cita-cita kemajuan. Kemajuan ilmu dan teknologi dapat dicapai dengan memaksimalkan riset dan inovasi. Cara berpikir berkemajuan membuka pintu luas bagi penelitian-penelitian yang mengantarkan pada penemuan-penemuan baru, dan sebaliknya semua penelitian dan penemuan baru itu akan mendorong kemajuan cara berpikir. Karena itu, membangun “Gerakan ilmu dalam Muhammadiyah,” dan menjadikan “Muhammadiyah sebagai gerakan ilmu” harus diperkokoh untuk dapat menghadapi tantangan zaman dan mempertinggi mutu kehidupan. Islam Berkemajuan menempatkan ilmu, teknologi dan juga seni sebagai jalan serentak dari dialog wahyu dengan kenyataan alami dan kehidupan manusia yang terus bergerak dalam memahami dan menghampiri kehendak Tuhan bagi kesejahteraan umat manusia secara universal.

MISI

Misi Politeknik Muhammadiyah Makassar (Poltekmu Makassar) adalah:

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran untuk menyiapkan dan menghasilkan tenaga ahli yang berakhlak mulia, berbudi pekerti, mandiri, inovatif, kompetitif, sehat, jujur, disiplin dan bertanggung jawab.
  2. Menyelenggarakan penelitian untuk mengembangkan teknologi yang bermanfaat bagi DUDI (Dunia Usaha dan Dunia Industri)
  3. Menyelenggarakan  pengabdian  kepada  masyarakat  untuk  masyarakat berkemajuan, dan
  4. Menyelenggarakan pembinaan Al-Islam dan Kemuhammadiyahan kepada civitas akademika.

Tujuan

1) Menghasilkan tenaga ahli yang professional, berjiwa Pancasila, memiliki integritas kepribadian yang tinggi, serta mempunyai kualifikasi untuk melakukan profesi sesuai keahliannya untuk mewujudkan masyarakat utama.

2)  Menyelenggarakan kegiatan penelitian sebagai landasai penyelenggaraan pendidikan dan mengembangkan IPTEKS.

3) Mewujudkan sivitas akademika yang mampu menjadi teladan dalam kehidupan masyarakat, dan

4)  Menjalin kerjasama dengan pihak lain dalam lingkup regional, nasional dan internsional untuk pengembangan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Strategi

1)   Mengembangkan    kurikulum    berbasis    kompetensi    dan    Kerangka

Kualifikasi Nasional Indonesia;

2)  Mendorong kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat bagi dosen dan mahasiswa;

3)  Mengintegrasikan  nilai-nilai  Al-Islam  dan  Kemuhammadiyahan  dalam

proses pendidikan, dan;

4) Mengembangkan kerjasama dalam bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

Tata Nilai

Tata nilai Politeknik Muhammadiyah Makassar berlandaskan”BERKAH” yakni :

  1. Berbudaya mutu ;  Politeknik berkomitmen menerapkan system organisasi  untuk menghasilkan lingkungan yang kondusif dan perbaikan mutu yang berkelanjutan  pada ruang lingkup  yang meliputi Pendidikan, Penelitian, Pengabdian bagi masyarakat
  2. Etika Islami ; Politeknik Muhammadiyah Makassar merupakan  bagian dari gerakan Muhammadiyah berlandaskan pada nilai-nilai Al-Qur’an dan As-Sunah di dalam menjalankan proses dan pencapaian tujuan 
  3. Responship : nilai yang terwujud dalam bentuk perilaku kerja yang senantiasa mengembangkan sikap proaktif, kooperatif, kritis, suportif, peka terhadap situasi dan kebutuhan lingkungan kerja, mampu memanfaatkan peluang dan tantangan yang ada, serta melayani secara prima pihak – pihak  yang berkepentingan dalam pekerjaan.
  4. Kreatif ; Politeknik Muhammadiyah Makassar mengembangkan budaya organisasi yang mendorong kreatifitas, inovasi dan implementasi ide-ide solusi permasalahan dalam rangka menciptakan kehidupan yang lebih baik serta bermanfaat.serta selalu memunculkan ideide baru untuk dapat menjalankan tugas/perannya dengan lebih baik;
  5. Amanah ; Civitas politeknik memegan teguh tugas dan tanggung jawab yang diberikan, memiliki sikap dan perilaku yang patuh dalam melaksanakan ajaran agama, toleran terhadap agama lain berdasarkan nilai-nilai Al-Islam dan Kemuhamadiyahan.
  6. Harmonis ; Civitas politeknik menanamkan sifat Saling menghargai setiap orang apapun latar belakangnya. Saling membantu dan tolong  menolong sesama untuk membangun lingkungan kerja yang kondusif.dan harmoni.